Unimugo Gombong – Prodi Kebidanan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gombong (UNIMUGO) menggelar Kuliah Pakar hari Sabtu, 25 Maret 2023 di Rung Kuliah 1.

Kuliah pakar dilaksanakan guna menambah khasanah keilmuwan mahasiswa Prodi Bidan di bidang HIV AIDS.

Tema kuliah pakar “Don’t Be AfrAids, Jauhi Virusnya Bukan Oranya” dengan pemateri pertama Firsty Candra Novitasari, SE (pengelola KPA Kebumen) menyampaikan materi Analisis HIV AIDS dan Kebijakan Program dan pemateri kedua oleh Siti Khotiah (KDS Lawet Sehati Kebumen) dengan mateti Stigma dan Deskriminasi.

HIV (Human Immunodeficiency Virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh yang dapat melemahkan kemampuan tubuh melawan infeksi dan penyakit, ujar Firsty AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah kondisi di mana HIV sudah pada tahap infeksi akhir. Ketika seseorang sudah mengalami AIDS, tubuh tidak lagi memiliki kemampuan untuk melawan infeksi yang ditimbulkan. Dengan menjalani pengobatan tertentu, pengidap HIV bisa memperlambat perkembangan penyakit ini, sehingga pengidap HIV bisa menjalani hidup dengan normal, ungkapnya. Stigma yang timbul ini juga dapat dipengaruhi oleh latar belakang orang dengan HIV/AIDS tersebut.

Sebagian besar pasien dengan HIV/AIDS di rumah sakit memiliki latar belakang yang dipandang kurang baik seperti pengguna narkotika, pekerja seks, dan orang dengan orientasi seks homoseksual. “Namun, untuk saat ini pasien ODHA paling banyak merupakan heteroseksual, dan biasanya terkena HIV karena berganti-ganti pasangan.”ujar siti khotiah Menurutnya, meskipun begitu, pada kenyataannya orang dengan HIV/AIDS juga merupakan manusia sama seperti manusia lainnya yang perlu dipahami. Orang dengan HIV/AIDS layak mendapatkan perlakuan yang sama dan layak juga untuk hidup dengan wajar di tengah-tengah masyarakat.