Fikes-Unimugo . Jumat, 12 Mei 2023 Program Studi Keperawatan Program Sarjana menyelenggarakan Perkuliahan Dosen Tamu yang mengangkat Judul ” Psikofarmaka dan Gangguan Jiwa Berat” dengan pemateri dr.Rahmawati, Sp.KJ, M.Kes. Perkuliahan secara tatap muka yang dilaksanakan di Aula Lantai 3 Gedung Rektorat Universitas Muhammadiyah gombong diikuti oleh mahasiswa Program Studi Keperawatan Program Sarjana Tingkat 3 Semester 6 sejumlah 130 orang.

Salah satu kegiatan ini merupakan bagian dari peningkatan suasana akademik mata kuliah Keperawatan Jiwa 2 Program Studi Keperawatan Program sarjana Fakultas Ilmu Kesehatan Unimugo.

Psikofarmaka adalah obat yang bekerja secara selektif pada Sistem Saraf Pusat (SSP) dan mempunyai efek utama terhadap aktivitas mental dan perilaku, digunakan untuk terapi gangguan psikiatrik yang berpengaruh terhadap taraf kualitas hidup pasien.

Gangguan Jiwa Berat terdapat 3 jenis yaitu skizofrenia, depresi berat, dan gangguan bipolar. Mengenali tanda awal gangguan jiwa merupakan hal tepat untuk mencegah perburukan kesehatan mental seseorang.